Mengenal Sifat-Sifat Benda

Mengenal Sifat-Sifat Benda

Mengenal Sifat-Sifat Benda - Benda-benda tersebut mempunyai bentuk, warna, dan wujud yang berbeda-beda. Berdasarkan wujudnya, benda dikelompokan menjadi tiga macam, yaitu, benda cair, benda padat, dan benda gas. Setiap wujud benda mempunyai sifat yang berbeda-beda.

1. Benda Padat dan Sifatnya

Benda-benda padat yang terdapat di sekitar kita seperti meja, kursi, buku, pensil, penghapus, penggaris, dan tas. Bentuk benda padat selalu tetap meskipun diletakkan di berbagai tempat. Pensil jika diletakkan di atas meja, bentuk dan ukurannya tidak berubah, Apabila pensil dipindahkan ke dalam tempat pensil, bentuk dan ukurannya tetap. Jadi, benda padat mempunyai sifat bentuk dan ukurannya tetap.

Silat benda padat yang lain, yaitu volumenya selalu tetap meskipun diletakkan di tempat berbeda. Sebongkah batu yang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain volumenya tetap Meskipun benda padat mempunyai bentuk dan ukuran yang tetap, antara benda padat yang satu dengan benda padat yang lain juga mempunyai sifat yang berbeda.

2. Benda Cair dan Sifatnya

Seperti benda padat, banyak benda cair di sekitar kita. Contohnya air, minyak goreng, kecap, cuka, bensin, oli, dan solar. Benda cair mempunyai sifat bentuknya berubah-ubah sesuai bentuk wadahnya. Bentuk benda cair dalam gelas mengikuti bentuk gelas. Bentuk benda cair dalam botol mengikuti bentuk botol. Volume benda cair tidak berubah meskipun ditempatkan dalam wadah yang berbeda. Jika air di dalam gelas dipindah ke botol, volume air tidak berubah.

Sifat benda cair yang lain yaitu mengalir ke tempat rendah. Contoh air terjun. Air terjun mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Air sungai juga mengalir dari hulu menuju ke hilir. Daerah hulu lebih tinggi dibanding daerah hilir. Selain itu, benda cair dalam keadaan tenang permukaannya selalu datar. Sifat air ini dimanfaatkan oleh para tukang bangunan dalam memeriksa kerataan permukaan lantai menggunakan alat yang bernama waterpass.

Benda cair memiliki sifat kapilaritas. Sifat kapilaritas adalah peristiwa meresapnya benda cair melalui celah-celah kecil. Contoh peristiwa ini yaitu naiknya air tanah ke batang pohon atau daun serta meresapnya minyak tanah ke dalam sumbu sehingga sumbu dapat dinyalakan.

Benda cair yang satu dengan benda cair yang lain memiliki perbedaan sifat tertentu. Perbedaan itu antara lain kekentalan, warna, dan bau. Contohnya disediakan air mineral, air teh, dan kecap. Ketiga benda cair tersebut memiliki kekentalan, warna, dan  bau yang berbeda-beda.


0 Response to "Mengenal Sifat-Sifat Benda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel