Ibadah Pada Bulan Ramadhan

1. Ibadah Pada Bulan Ramadhan

  • Melaksanakan Shalat Tarawih
  • memperbanyak membaca Al-Quran
  • memperbanyak sedekah
    salah satu tujuan ibadah puasa adalah meningkatkan kepedulian sosial dengan berbagi kepada sesama. Kepedulian tersebut dapat diwujudkan dengan bersedekah dan membayar zakat
  • melaksanakan sunah puasa
    Makan sahur, yaitu makan yang dilakukan setelah tengah malam hari hingga subuh. Makan sahur dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan, beliau pernah bersabda "sahurlah kamu karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar" (H.R. Bukhari dan Muslim)
    Menyegerakan berbuka, berarti segera berbuka apabila telah waktu berbuka meskipun dengan seteguk air.
    Berbuka dengan kurma atau air terlebih dahulu. Rasulullah SAW bersabda "bila seseorang diantara kamu berbuka puasa hendaknya dengan buah kurma, bila tidak ada maka berbukalah dengan air, sebb air itu suci" (H.R. Imam Lima)
  • memberi makan kepada orang yang sedang berpuasa
    pahala berbuat kebaikan pada bulan Ramadhan lebih besar daripada amal kebaikan pada bulan lainnya. Rasulullah SAW bersabda, "barang siapa memberi makan kepada orang yang sedang puasa maka ia memperoleh pahalanya, dan pahala bagi yang berpuasa (menerima makanan) tidak dikurangi pahalanya sedikitpun" (H.R. Tarmidzi)
  • shalat malam pada malam Lailatul Qadar
    pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Saat malam itu penuh rahmat dan magfirah. Rasulullah SAW besabda, "barang siapa shalat malam pada malam lailatul qadar dengan keimanan dan harapan pahala dari Allah SWT maka akan terampuni dosa-dosanya yang terlebih dahulu" (H.R. Bukhari)


0 Response to "Ibadah Pada Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel